Apa Itu Keputihan dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Ini Penjelasannya!

Apa-Itu-Keputihan-dan-Bagaimana-Cara-Mengatasinya-Ini-Penjelasannya
Foto dari Canva

Dalam kondisi tertentu, perempuan bisa alami keputihan, seperti pada masa PMS dan sedang dalam kondisi hamil. Apa itu keputihan yang umum dialami perempuan? Keputihan atau bahasa lainnya disebut dengan fluor albus, white discharge, atau leucorrhea merupakan peristiwa atau juga kondisi berupa keluarnya cairan bertekstur kental dengan warna putih dari vagina.

Meski normal dan wajar, keputihan ini menjadi satu gejala dan yang tidak normal pada tubuh. Salah satunya disebabkan perubahan hormon. Perempuan sendiri sangat mudah mengalami perubahan tersebut, khususnya ketika mulai memasuki usia pubertas dan mengalami periode menstruasi setiap bulannya.

Pahami Apa Itu Keputihan

Keputihan bisa menjadi tanda seorang perempuan akan mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Mengapa bisa terjadi peristiwa keputihan pada vagina? Selain perubahan hormon, keputihan bisa dialami karena terjadinya infeksi pada area vagina. Beberapa faktor yang bisa memicu infeksi tersebut di antaranya:

  • Konsumsi obat kortikosteroid.
  • Melakukan hubungan seksual.
  • Menurunnya daya tahan tubuh.
  • Mengalami kondisi stress.
  • Iritasi pada vagina.
  • Alami menopause.
  • Sering mencuci area vagina dengan sabun.
  • Penderita diabetes.

Keputihan bisa diatasi dengan menjaga kebersihan. Namun terdapat juga keputihan yang tidak normal dan harus diwaspadai. Seperti tekstur cairan yang sangat kental. Kemudian jika cairan beraroma tidak sedap, cairan yang berwarna tidak wajar seperti kecoklatan, kuning terang, hijau, hingga warna gelap juga menjadi tanda bahwa keputihan yang Anda alami sudah tidak normal.

Atasi Masalah Keputihan

Kondisi keputihan ini sebenarnya bisa menghilang atau berhenti dengan sendirinya selama masih dalam batas normal. Cukup dengan lebih sering mengganti pakaian dalam dan memilih pakaian dengan bahan yang halus, memiliki daya serap baik, serta memiliki ukuran yang pas dengan tubuh (tidak terlalu longgar, tidak juga ketat).

Mengatasi keputihan bisa juga dengan cara berikut:

1. Pengaturan Pola Hidup

Pola hidup sehat, makan teratur, minum air putih dalam jumlah cukup, asupan bernutrisi dan bergizi, menghindari alkohol dan rokok, juga istirahat rutin berkualitas setiap malamnya akan membantu menghindari juga mengatasi keputihan. Hal ini berhubungan dengan mengatur hormon agar lebih stabil. Baik keputihan, atau juga menstruasi, keduanya sangat berhubungan dengan kondisi hormon dalam tubuh.

2. Menjaga Kebersihan Diri

Kemudian Anda bisa lebih menjaga kebersihan diri dengan mandi 2x dalam sehari dan rutin mengganti pakaian dalam minimal 2-3x setiap harinya. Keputihan bisa disebabkan muncul jamur atau bakteri yang disebabkan kurangnya memperhatikan kebersihan diri.

Segera ganti pakaian dalam ketika merasa area vagina berkeringat atau lembab. Pastikan ketika akan menggunakan pakaian dalam, area vagina sudah dikeringkan lebih dulu dengan handuk atau tissue.

3. Gunakan Panty Liner

Anda bisa bisa gunakan panty liner untuk mencegah cairan keputihan menempel pada pakaian dalam. Panty liner juga mudah untuk digunakan dan bisa langsung dibuang saat sudah digunakan.

4. Konsultasi pada Dokter

Silakan hubungi dokter jika mengalami keputihan yang tergolong tidak normal, ataupun disertai rasa nyeri pada perut, juga sampai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Dokter akan cari tahu penyebab dan memberi resep obat untuk mengurangi, serta menghentikan keputihan.

Setelah memahami apa itu keputihan di atas, Anda bisa juga simpulkan hal apa saja yang lebih baik dihindari, bukan? Seperti kurang memperhatikan kebersihan, hingga menerapkan pola hidup tidak sehat. Pilih produk panty liner dengan kualitas baik untuk membuat Anda merasa nyaman ketika menggunakannya sehari-hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *